7 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil Muda/Tua, Menyusui, dan Janinnya

CaraDanManfaat.Com – Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil Muda/Tua, Menyusui, dan Janinnya. Sudah biasa mengkonsumsi buah pisang kan? Tahukah Anda kalau buah pisang ternyata memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk ibu hamil?

Buah Pisang adalah salah satu buah yang paling familiar, karena keberadaannya yang tidak mengenal musim, dengan berbagai jenisnya, yang dapat kita jumpai di mana saja.

Kita tidak akan kesulitan untuk menemukan buah pisang. Berbagai olahan makanan berbahan pisang pun banyak kita jumpai.

Kandungan Gizi Buah Pisang

manfaat pisang untuk ibu hamil
pixabay.com

Beberapa kandungan gizi yang terdapat pada buah pisang di antaranya:

  • potasium.
  • karbohidrat.
  • mineral.
  • vitamin C.
  • Vitamin B6.
  • Kalium.
  • Magnesium.
  • Mangan.
  • Fosfor.
  • Zat Besi.
  • Serotonin.

Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

Selain bermanfaat untuk Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi, buah pisang juga memiliki manfaat untuk ibu hamil.

Karena banyaknya manfaat yang terdapat pada buah pisang, National Institutes of Health pun merekomendasikan ibu hamil untuk mengkonsumsi 3-4 porsi buah pisang setiap harinya.

Jenis pisang yang bisa dikonsumsi bisa jenis pisang apa saja seperti pisang ambon, pisang susu, pisang kepok, dan jenis pisang lainnya.

Namun, ada yang merekomendasikan jenis pisangnya adalah pisang ambon yang dikonsumsi oleh ibu hamil.

Nah, ibu-ibu yang sayang dengan bayinya, berikut ini beberapa Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil yang perlu Anda ketahui:

#1. Manfaat pisang sebagai sumber asupan energi ibu hamil

Manfaat pisang untuk ibu hamil yang pertama adalah buah tersebut dapat digunakan sebagai sumber energi bagi para ibu hamil yang sehat dan aman dari kolesterol.

Satu buah pisang sendiri mengandung sekitar 105 kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil dan janinnya.

Setiap 225 gram pisang terdapat 28 gram gula alami (glukosa, fruktosa, dan sukrosa) yang mudah dicerna sehingga dapat memberikan asupan energi secara cepat bagi ibu hamil dan janin.

Ibu hamil muda dapat mencoba mengkonsumsi buah pisang 3-4 buah per hari. Ibu hamil dengan usia kandungan trimester terakhir dan ibu-ibu pasca melahirkan lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang agar mendapatkan manfaat pisang sebagai sumber asupan energi yang cepat bagi ibu hamil.

Buah pisang juga merupakan salah satu sumber karbohidrat penting selain nasi. Dalam 225 gram buah pisang terkandung 51 gram karbohidrat.

Jadi jangan heran, makan buah pisang pun bisa bikin kenyang 🙂

#2. Manfaat pisang untuk kesehatan ibu hamil

Manfaat pisang bagi ibu hamil selanjutnya adalah untuk kesehatan ibu hamil itu sendiri. Beberapa manfaat pisang untuk kesehatan ibu hamil di antaranya:

a. Pisang dapat membantuk menjaga tekanan darah ibu hamil

Perubahan tekanan darah pada ibu hamil harus diperhatikan, karena hal ini sering terjadi. Kalium yang terkandung dalam buah pisang akan membantu menjaga kestabilan tekanan darah ibu hamil selama masa kehamilan.

Kalium pada buah pisang juga bermanfaat untuk mengurangi kram otot serta nyeri kaki selama masa kehamilan.

b. Pisang untuk pertumbuhan hemoglobin

Manfaat pisang untuk ibu hamil berikutnya adalah untuk pertumbuhan hemoglobin atau sel darah merah. Kandungan Vitamin B6 berperan penting dalam neurotransmitter yang ternyata bisa menaikkan pertumbuhan hemoglobin di dalam tubuh Anda.

Pisang juga mengandung sekitar 3% zat besi yang akan menghasilkan hemoglobin yang cukup sehingga akan mencegah penyakit anemia pada ibu hamil.

c. Pisang bermanfaat untuk kesehatan jantung

Ibu hamil yang menderita penyakit diabetes, cocok untuk mengkonsumsi buah pisang karena pisang ini bermnanfaat untuk mempertahankan kadar gula darah dalam tubuh.

Pisang juga mempertahankan kadar kolesterol dalam tubuh ibu hamil sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

#3. Manfaat pisang untuk ibu hamil muda

Untuk ibu-ibu yang hamil muda, pada trimester pertama kehamilan biasanya sering merasa mual dan ingin muntah terus. Nah, untuk mengatasi ini, Anda bisa menggunaan manfaat buah pisang.

Buah pisang ini dapat mengurangi morning sickness sehingga Anda pun tidak merasa mual lagi saat awal-awal kehamilan.

#4. Manfaat pisang untuk mencegah bayi lahir prematur

Buah pisang juga berguna untuk kesehatan bayi. Buah pisang sendiri diketahui mengandung asam folat yang cukup berguna bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Asam folat selama ini diyakini berperan penting dalam perkembangan saraf, otak, dan sumsum tulang belakang.

Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat menyebabkan bayi terlahir secara prematur atau bayi lahir secara cacat.

Buah pisang juga mengandung vitamin B6 yang dapat membantu meningkatkan pengembangan sel sistem syaraf pusat pada janin.

Selain itu, buah pisang juga mengandung kalsium yang berperan penting dalam perkembangan tulang dan sistem rangka pada segala usia.

Manfaat pisang untuk ibu hamil dan janin berikutnya yaitu sebagai sumber protein yang berperan penting dalam pembentukkan antibodi bagi ibu hamil dan janinnya.

Kekurangan protein pada ibu hamil dapat menyebabkan resiko bayi lahir dengan bibir sumbing.

#5. Manfaat pisang untuk obat bagi Ibu hamil

Manfaat pisang untuk obat bagi ibu hamil di antaranya:

a. Obat sembelit

Bagi ibu hamil yang punya penyakit sembelit atau susah BAB, cobalah untuk mengkonsumsi buah pisang.

Satu buah pisang sendiri mengandung 6 gram serat yang membuat BAB Anda lancar, terhindar dari penyakit sembelit. Pisang ini menjadi obat alami bagi penderita sembelit.

Dengan BAB yang lancar, perut pun tidak akan buncit sehingga pisang juga dapat mengendalikan kegemukan badan ibu hamil dan setelah melahirkan.

b. Pisang sebagai obat diare alami

Diare sendiri merupakan kelebihan air yang ada di dalam tubuh. Pisang ini dapat meringankan diare secara alami bagi ibu hamil, karena serat dalam pisang dapat membantu menyerap kelebihan air yang ada didalam tubuh.

Kalium dalam pisang juga dapat mengatasi kram usus yang seringkali muncul saat diare.

c. Pisang sebagai antioksidan

Buah pisang mengandung Vitamin C sekitar 33 % pada setiap buahnya. Vitamin C ini berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melawan proses penuaan dini bagi ibu hamil serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun) bagi ibu hamil dan janinnya

#6. Manfaat pisang untuk ibu menyusui

Buah pisang akan membantu mengembalikan mineral yang hilang. Mineral sendiri sangat diperlukan untuk pembentukan ASI. Dengan mengkonsumsi buah pisang, ASI pun dapat keluar secara teratur dan mencukupi kebutuhan bayi.

#7. Manfaat pisang untuk meningkatkan nafsu makan

Kandungan protein, serat, vitamin dan mineral pada buah pisang dapat membantu nafsu makan ibu hamil tetap terjaga sehingga keperluan gizi ibu hamil/menyusui dan si bayi pun tetap tercukupi.

Kesimpulan

Buah pisang ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang harus kita ketahui. Buah pisang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan juga menyusuai.

Namun, buah pisang di sini adalah buah pisang alami, bukan pisang goreng, karena kadar kolesterol yang terdapat pada pisang goreng.

Demikianlah informasi mengenai “Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil Muda/Tua, Menyusui, dan Janinnya“, mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung di CaraDanManfaat.Com.

Isikan Komentar Kamu