cara menghilangkan gigitan nyamuk pada bayi
menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi

Cara Menghilangkan Gigitan Nyamuk Pada Bayi Dengan Cepat

CaraDanManfaat.Com – Cara Menghilangkan Gigitan Nyamuk Pada Bayi Dengan Cepat. Anda punya anak kecil di rumah? Nah, anak kecil adalah salah satu sasaran nyamuk yang paling enak, karena ia belum bisa mengusir nyamuk dengan tangannya.

cara menghilangkan gigitan nyamuk pada bayi
menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi

Sering kita jumpai, saat kita tinggal sebentar karena ada suatu keperluan, tiba-tiba bayi kita sudah bentol-bentol kemerah-merahan karena digigit nyamuk.

Jika dibiarkan, tentunya kurang baik untuk kesehatan bayi, dan bisa juga menyebabkan penyakit Demam Berdarah atau bisa juga malaria, mengingat nyamuk adalah salah satu hewan sumber penyakit.

Nah, bagi ibu-ibu di rumah, terutama buat ibu-ibu muda yang baru pertama kali merawat bayi, penting banget nih buat mengetahui Cara Menghilangkan Gigitan Nyamuk pada Bayi supaya bayi tetap sehat jauh dari penyakit akibat gigitan nyamuk.

Namun, sebelum membahas Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi, ibu-ibu juga perlu mengetahui bahwa “Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati”. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika ibu-ibu di rumah bisa mengetahui Cara mencegah bayi agar terhindar dari gigitan nyamuk.

Cara Mencegah Gigitan Nyamuk pada Bayi

Berikut ini beberapa tips agar si kecil bisa terhindar dari gigitan nyamuk saat akan Anda tinggalkan atau Anda ajak jalan-jalan keluar:

  1. Memberikan obat oles anti nyamuk yang aman untuk bayi yang terbuat dari bahan alami minyak tawon atau minyak yang mengandung daun sereh (citronela oil).
  2. Saat mau meninggalkan bayi, usahakan bayi berad di dalam kelambu atau kurungan bayi dari bahan kelambu sehingga nyamuk tidak bisa masuk.
  3. Pakai patch anti nyamuk, di toko-toko online banyak sekali yang jual.
  4. Pilih pakaian, seprai, selimut, atau kamar tidur dengan warna yang cerah supaya tidak menarik perhaitan nyamuk. Bahan warna putih paling bagus untuk digunakan. Nyamuk suka sekali dengan warna-warna gelap.
  5. Ajak bayi ke luar rumah saat matahari sudah terbit.
  6. Jangan biarkan bayi tetap berada di luar saat matahari sudah terbenam.
  7. Usahakan supaya kamar bayi mendapatkan udara dan cahaya yang cukup.
  8. Jangan biarkan air menggenang di dalam rumah maupun di sekitar rumah untuk mencegah bintik nyamuk tumbuh.
  9. Kenakan pakaian panjang pada bayi.
  10. Jangan lupa untuk memotong kuku bayi supaya tidak menimbulkan luka saat menggaruk bekas gigitan nyamuk.

Cara Menghilangkan Gigitan Nyamuk pada Bayi

Berikut ini cara menghilangkan gigitan nyamuk pada bayi yang dapat Anda coba di rumah:

1. Menghilangkan gigitan nyamuk pada bayi menggunakan kulit kentang

Cara alami menghilangkan gigitan nyamuk pada bayi yang pertama adalah menggunakan kulit kentang yang mengandung potassium dan vitamin C. Kedua kandungan dalam kentang ini mampu menghilangkan bekas luka, termasuk bekas gigitan nyamuk.

Gunakan bagian dalam kulit kentang untuk menghilangkan luka bekas gigitan nyamuk pada bayi dengan mengoleskannya pada kulit yang terkena gigitan nyamuk secara perlahan.

2. Manfaat kulit pisang untuk mengatasi gigitan nyamuk pada bayi

Cara menghilangkan gigitan nyamuk pada bayi yang kedua yaitu dengan mengoleskan bagian dalam kulit pisang pada kulit bayi yang terkena gigitan nyamuk. Kulit pisang diyakini dapat digunakan sebagai obat untuk menghilangkan bekas luka.

Setelah mengetahui fungsi dari kulit pisang ini, jangan buang kulit pisang sembarangan ya, karena ternyata ada manfaatnya juga lho.

Baca juga: Manfaat pisang untuk ibu hamil.

3. Hilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi menggunakan perasan lemon

Untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi menggunakan lemon, caranya belah satu buah lemon menjadi dua, lalu perasan dan ambil airnya.

Setelah itu,  ambil kapas, celupkan ke dalam perasan lemon tersebut, dan oleskan secara perlahan pada kulit bayi yang terkena gigitan nyamuk.

4. Sembuhkan luka akibat gigitan nyamuk memakai gel lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan zat aloesin yang bersifat antiradang. Aloesin ini akan menyembuhkan luka, termasuk luka pada kulit bayi akibat gigitan nyamuk.

Cara penggunaan lidah buaya untuk menghilangkan luka gigitan nyamuk pada bayi yaitu: Potong-potong satu tangkai lidah buaya, kemdian ambil gelnya dan oleskan gel tersebut pada bintik merah kulit bayi bekas gigitan nyamuk.

Cukup mudah bukan? Alami dan aman buat bayi Anda.

5. Bawang merah dan bawang putih untuk mengobati luka gigitan nyamuk pada bayi

Bawang putih dan bawang merah sendiri selama ini sudah dikenal dengan kandungan anti bakterinya yang ampuh untuk mengobati luka, termasuk luka pada kulit bayi akibat dari gigitan nyamuk.

Cara menghilangkan gigitan  nyamuk pada kulit bayi menggunakan bawang merah dan bawang putih: belah bawang merah atau bawang putih, oleskan pada kulit bayi secara perlahan dan tunggu hasilnya. Kulit bayi pun kembali pulih, tidak merah lagi.

6. Cream untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk

Krim antihistamin ringan dapat Anda gunakan pada bekas gigitan nyamuk serta untuk menghilangkan rasa gatal yang berlebihan.

Untuk memakai crem ini, jangan lupa konsultasikan dengan dokter.

7. Kompres bekas gigitan nyamuk dengan air dingin untuk mencegah infeksi

Rendam handuk atau kain lembut di dalam air dingin, peras dan kompreskan pada  kulit bayi bekas gigitan nyamuk. Saat bayi sedang demam atau sakit tidak dianjurkan menggunakan cara ini.

8. Listerine juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan gigitan nyamuk pada bayi

Tidak hanya digunakan sebagai bahan berkumur, Listerine juga dapat digunakan untuk mengobati bekas gigitan nyamuk pada bayi dengan cepat.

Caranya, saat bayi tertidur, encerkan Listerine dengan air biasa. Rendam bola kapas dalam cairan Listerine dan peras. Tempelkan pada kulit yang merah-merah atau bengkak bekas gigitan nyamuk dan ulangi beberapa kali.

Teknik ini akan mengurangi juga rasa gatal kulit si bayi.

Selain listerin, bisa juga menggunakan pasta gigi untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk pada kulit bayi (khusus bayi 13 bulan ke atas).

9. Manfaat bekas teh celup dingin untuk bekas gigitan nyamuk

Caranya yaitu: Cepukan bekas teh celup yang sudah dingin ke dalam air biasa lalu kompreskan pada kulit bayi bekas gigitan nyamuk. Tekni ini akan menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada kulit bayi dan menghilangkan rasa gatal berlebihan.

10. Oleskan cuka sari apel pada kulit bayi bekas gigitan nyamuk

Gunakan cuka sari apel yang organik, oleskan secara langsung kepda kulit bayi menggunakan jari tangan saat bayi masih tidur. Bisa juga dengan memandikan bayi di air yang sudah dicampur cuka sari apel. Gunakan dalam jumlah kecil saja.

Demikianlah informasi “Cara Menghilangkan Gigitan Nyamuk Pada Bayi Dengan Cepat” dari CaraDanManfaat.com, mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih sudah membaca artikel di blog ini.

Isikan Komentar Kamu